Pengumuman

RAT KOKAMI, Kamis 1 Juni 2017 jam 09.00 WIB di Sanggar Prativi Jakarta

Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Moderator: Tony Sartono

Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Postoleh Vincentiussan » 15 Apr 2010, 09:14

Cukup banyak rekan-rekan yang masuk di bidang pemasaran produk industri, kebetulan saya ada tulisan mengenai hal tersebut yang bisa diakses di

http://vincentiussan.multiply.com/journal/item/6/Strategi_Pemasaran_Produk_Industri_-_Marketing_Strategy_for_Industrial_Products

Tulisan tersebut saya buat waktu penulisan thesis kuliah. Semoga berguna sebagai pedoman dasar terutama bagi adik-adik yang akan masuk bidang tersebut atau sedang mulai menggeluti bidang tersebut.

Silahkan Download versi lengkapnya di bagian bawah "attachment" atau langsung klik dibawah ini :
http://images.vincentiussan.multiply.mu ... =330281722


Preview :

Pemasaran Industri berbeda arti dan fungsinya kalau dibandingkan dengan pemasaran konsumsi. Pemasaran ini khusus memperbincangkan langkah-langkah dan strategi yang akan digunakan perusahaan industri untuk memasarkan produk industrinya.

Produk industri artinya adalah produk yang digunakan untuk proses produksi selanjutnya dan belum dapat dikonsumsi .Misalnya bahan baku, komponen-komponen produk industri, mesin-mesin, komponen-komponen mesin dan lain-lain. Sedangkan produk konsumsi adalah produk yang sudah siap untuk dikonsumsi para pembeli.

Selama ini, pemasaran industri sering dianggap sama dengan pemasaran konsumsi. Tetapi kalau kita telusuri lebih dalam ternyata kedua pemasaran ini mempunyai perbedaan tertentu, terutama didalam strategi pemasaran. Pemasaran industri sifatnya dinamis dan penuh dengan tantangan. Oleh karena itu, negara-negara maju sangat mengharapkan tenaga-tenaga ahli pemasaran industri yang ahli dan ulet untuk menghadapi persaingan di pasar.

Inti perbedaanya adalah :
- Industrial products : bring products to customer (personal selling is the key)
- Consumer product : bring customer to product (advertising is the key)

PEMASARAN-MARKETING
Perubahan dari empat P bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu terdiri Product, Price, Place, Promotion yang mewakili pandangan dari sisi perusahaan, menjadi empat C yang memandang dari sisi pelanggan.
Empat C adalah :
1.Customer need and wants ( kebutuhan dan keinginan pelanggan ) atau lebih tepatnya Customer Solution ( penyelesaian masalah yang dihadapi pelanggan )
Bukan cuma produknya, tetapi hasil yang dicapai oleh produk tersebut, produk hanya sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
2.Cost of Fulfillment ( Biaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan / menyelesaikan masalah tersebut)
Bukan cuma harga tetapi semua biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan.
3.Convenience ( kenyamanan dan kemudahan memperolehnya)
Merupakan segala upaya bagi pelanggan dalam memperolehnya dengan mudah dan nyaman.
4.Communication (Komunikasi antara pelanggan dan organisasi )
Merubah konsep dari promosi satu arah, menjadi komunikasi dua arah antara konsumen dengan organisasi.

Versi lengkapnya silahkan download alamat URL diatas. Semoga berguna.
Diubah terakhir kali oleh Vincentiussan on 19 Apr 2010, 19:49, total pengubahan 2 kali.
Vincentiussan
chisel
chisel
 
Post: 11
Bergabung: 14 Apr 2010, 00:03

Share On

Bagi di Facebook Facebook Bagi di Twitter Twitter

Re: Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Postoleh FOX34 » 22 Apr 2010, 20:09

Maaf saya belum baca tesis jenengan,tapi ada beberapahal yang pengin saya tanya.
1. Apa sama sekalitidak perlu advertisingatau promosi dimedia misalnya?
2. Karena 'industrial-product' tidak butuh Salesman? Atau seperti pabrik obat itu, ada 'Detailman dan 'Salesman' ?
3. Kayaknya produk anda itu agak2 'spesifik', jadiorder equiti 1 dilayanijuga?
FOX34
geraji
geraji
 
Post: 49
Bergabung: 03 Mar 2010, 09:53

Re: Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Postoleh Vincentiussan » 23 Apr 2010, 11:43

Pak, terima kasih atas tanggapannya terutama dari "Senior" kami. Preview yang ada di post ini sangatlah terbatas, mesti dibaca secara keseluruhan dari download pdf file terutama karena banyaknya istilah marketing management.

1. Di dalam tulisan lengkap saya, ada pembahasan bahwa peranan elemen bauran pemasaran(Marketing Mix) berbeda antara produk industri dan konsumsi. Peranan personal selling memang lebih tinggi pada pemasaran produk industri, tetapi peranan yang lain pasti tetap ada. Sedangkan untuk produk konsumsi peranan yang paling tinggi adalah advertising. Sebenarnya di Marketing Management pada bauran pemasaran/ Marketing Mix (4P), baik personal selling maupun advertising adalah bagian dari P-yang keempat yaitu Promotion.
Promotion/promosi mencakup : advertising/iklan, sales promotion/promosi penjualan, publicity/publisitas, personal selling/penjualan perorangan (atau wiraniaga/salesman). Ada juga yang sudah menambahkan Public Relation (PR) sebagai bagian dari marketing mix.

2. Justru pada industrial product, salesman/wiraniaga sebagai personal selling memiliki peranan yang terbesar.
Menurut saya, detailer adalah personal selling dari industri pharmasi ke industri kesehatan(rumah sakit dan dokter) karena obat paten bukanlah consumer product tetapi industrial product. Sedangkan obat bebas adalah consumer product sehingga iklan menjadi penting.

Ada banyak produk yang bisa disebut sebagai produk industri maupun produk konsumsi, tergantung pada pasar sasarannya. Misalnya produk komputer, cat tembok, kabel listrik, dll, bila pasar sasarannya untuk perusahaan (corporate,kontraktor, kantor, pabrik, dll) maka strategi produk industri dengan peranan terbesar personal selling, sedangkan bila untuk masyarakat umum sebagai pemakai langsung maka advertising memiliki peranan terbesar.

3. Produk industri bisa bermacam macam, bisa jumlah kecil tetap dilayani misal komponen mesin atau unit mesin. Bisa juga produk massal tetapi produk industri misalnya baut untuk industri otomotif.
Tulisan saya membahas dasar-dasar pemasaran dan pemasaran produk industri secara umum, tulisan tersebut hanya bagian 1 bab dari thesis saya, karena saya ambil bagian teori dan ilmu pengetahuannya saja. Sedangkan bagian pembahasan analisa pada suatu perusahaan tidak saya tampilkan, karena terlalu spesifik dan merupakan laporan analisa kajian pada suatu PT.

Sebenarnya thesis tersebut sudah lebih 10 tahun yang lalu ketika saya mengambil bidang management, tetapi karena ilmu pengetahuan tidaklah usang, maka saya ingin membagi kepada adik-adik almamater agar memiliki pengetahuan mengenai manajemen pemasaran, dan terus berkembang bila dari salesman(tenaga penjual) menjadi marketer(tenaga pemasaran) atau bahkan entrepreneur/pengusaha, karena penjualan(sales) hanyalah salah satu bagian dari pemasaran(marketing) yang sangat luas. Salesman hanya tahu menjual, sedangkan marketing tahu menentukan produk, menetapkan harga, strategi distribusi, dan strategi promosi. Terutama untuk industrial product yang memang bidang kita, sesuai judul tulisan saya "Strategi Pemasaran Produk Industri".

Bagi semua rekan, mohon berkenan meninggalkan komentar pada blog saya ketika anda mendownload file tersebut.
Vincentiussan
chisel
chisel
 
Post: 11
Bergabung: 14 Apr 2010, 00:03

Re: Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Postoleh A. Arista T. » 30 Sep 2010, 09:37

Ijin unduh Pak ^^

Salam ATMI 37
A. Arista T.
chisel
chisel
 
Post: 14
Bergabung: 08 Apr 2010, 15:41
Lokasi: Solo

Re: Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Postoleh nu6ie » 24 Nov 2010, 19:53

Nice Post..
Ijin Unduh juga ya.

Thank you Pak
nu6ie
Kikir
Kikir
 
Post: 4
Bergabung: 14 Apr 2010, 18:53
Lokasi: Alam Sutera - Tangerang

Re: Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Postoleh OYAN » 06 Agt 2011, 08:07

nice share pak, sangat bermanfaat buat saya...ijin nyimpen yah pak
OYAN
chisel
chisel
 
Post: 13
Bergabung: 04 Apr 2010, 10:02
Lokasi: jogja

Re: Strategi Pemasaran Produk Industri - Marketing Strategy

Postoleh Vincentiussan » 18 Jul 2013, 19:38

Mohon maaf bagi yang ingin meng "click: link di atas, berhubung blog "Multiply" sudah di tutup, maka postingan lengkap yang sebelumnya berada disitu sudah tidak bisa diakses kembali.
Vincentiussan
chisel
chisel
 
Post: 11
Bergabung: 14 Apr 2010, 00:03


Kembali ke Sales and Marketing

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu

cron